Sebenarnya, Bagaimana Cara Luwak Liar Memilih Biji Kopi Terbaik?

Tak sedikit para penikmat kopi yang penasaran, bagaimana luwak liar memilih biji kopi terbaik yang mampu menghasilkan cita rasa ternikmat. Dengan proses pengolahan biji kopi luwak di Indonesia yang masih menggunakan cara tradisional, kopi yang telah melewati proses fermentasi luwak ini berhasil menghadirkan cita rasa istimewa. 

Keunikan proses dan kenikmatan yang istimewa inilah yang menjadikan kopi luwak sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Terlebih, produksi kopi luwak alami yang cukup terbatas, hingga seringkali tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Di latar belakangi kondisi tersebut, kemudian lahirlah para pembudidaya luwak untuk menghasilkan kopi luwak dalam jumlah banyak. Namun yang jadi pertanyaannya, bagaimana cara luwak memilih biji kopi hingga menghasilkan kopi bercita rasa tinggi? Simak di sini ya!

Kopi Luwak, Sajian Nikmat dengan Proses Unik

Khasiat kopi luwak, Sumber: bruud.co.uk
Sajian kopi luwak, Sumber: bruud.co.uk

Proses pembuatan kopi luwak menjadi hal pertama yang membuat kopi arabika ini istimewa dan unik. Sederhananya, kopi ini dihasilkan oleh bantuan hewan musang luwak yang mampu menghasilkan kopi dari proses fermentasi alami. 

Luwak Asia yang menyerupai musang suka memakan buah kopi ceri. Para petani kemudian mengumpulkan biji kopi yang dikeluarkan oleh musang tersebut dan mengolahnya menjadi kopi. Ini alasannya mengapa kopi luwak kerap disebut juga sebagai kopi kotoran musang. 

Dalam proses fermentasi alami tersebut melibatkan berbagai enzim di pencernaan musang luwak sehingga cita rasa kopi yang dihasilkan terbilang unik. Bahkan setara dengan fermentasi kopi biasa selama 5 sampai 8 tahun.

Setelah melalui proses fermentasi alami tersebut, biji kopi luwak akan dipanggang dan menghasilkan cita rasa yang unik tergantung pada apa yang dimakan luwak tersebut.

Menelisik Cara Luwak Memilih Biji Kopi Terbaik

Sejarah kopi luwak, Sumber: disway.id
Memilih biji kopi luwak terbaik, Sumber: disway.id

Luwak terbilang sangat pemilih dalam memakan kudapan favorit mereka dan hanya memakan buah kopi berkualitas terbaik. Berkat keahlian luwak memilih biji kopi terbaik, kopi luwak pun menjadi komoditas premium. Hewan ini mampu memilih buah kopi terbaik dengan mengandalkan faktor-faktor berikut ini:

1. Indra Penciuman yang Tajam

Musang luwak termasuk hewan yang aktif di malam hari dan penyuka buah-buahan seperti kopi ceri dan jambu. Secara naluri, binatang ini hanya memakan buah kopi yang benar-benar matang dan beraroma khusus. 

Berkat indra penciuman yang tajam, musang dapat menyeleksi ceri kopi dan membedakan antara buah kopi yang baik atau tidak. Dalam hal ini musang hanya memilih buah kopi ceri yang rasanya paling manis dan segar. 

2. Faktor Kematangan Buah Kopi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, luwak hanya mengkonsumsi buah kopi ceri yang memiliki tingkat kematangan buah optimum Sehingga proses pemilihan ceri kopi ini sangat bergantung pada tingkat kematangan buah kopi.

Tingkat kematangan tersebut tampak dari rasa, aroma dan tingkat kemerahan warna buahnya. Biasanya, buah kopi ceri yang sudah matang dan siap panen memiliki warna kulit yang merah, bukan kuning atau hijau. 

3. Pertimbangan Tekstur Buah Kopi

Warna kulit buah kopi yang memerah ketika sudah matang disebabkan oleh kandungan senyawa gula yang tinggi pada daging buahnya. Itu sebabnya buah kopi matang dan siap panen biasanya memiliki daging yang lembut, berlendir dan rasanya manis. Tekstur buah kopi yang seperti ini membuatnya mudah dipetik oleh luwak.

Luwak mampu memilih buah kopi yang benar-benar matang sempurna sehingga mampu menghasilkan kopi luwak liar terbaik. Berbeda dari panenan manusia yang terkadang terlewat dari periode matang, atau memanen buah kopi yang belum siap dipanen. Bahkan terkadang kopi panenan manusia harus melalui proses seleksi lanjutan sehingga memakan waktu lama.

4. Insting dan Kebiasaan 

Karena proses kematangan buah kopi ceri tidak terjadi secara serentak, luwak memilih biji kopi terbaik secara selektif. Luwak memilih buah kopi yang sudah berwarna merah dan matang sempurna berdasarkan insting dan kebiasaan. Hewan ini akan memilih buah kopi yang aroma dan rasanya sudah mantap.

Insting luwak yang tajam membuat hewan ini dapat diandalkan untuk memilih buah kopi berkualitas terbaik. Lain halnya dengan proses pemanenan kopi yang dilakukan oleh manusia di mana prediksi kematangan buah masih sering keliru. 

Jadi bisa dikatakan kopi yang dihasilkan dari luwak liar benar-benar berasal dari buah kopi yang sangat berkualitas. Sehingga wajar jika kualitas kopinya premium dan dijual dengan harga mahal.

Aman Kuba, Distributor Kopi Luwak Liar Terpercaya

Distributor Kopi Aman Kuba Coffee, Sumber: kompas.id
Distributor Kopi Aman Kuba Coffee, Sumber: kompas.id

Sebagai penikmat kopi berkualitas, Anda tak perlu melewati berbagai proses yang menyusahkan agar bisa menikmati secangkir kopi luwak yang nikmat. Cukup dengan membeli produk kopi luwak premium dari Aman Kuba, dan Anda dapat mencicipi secangkir kopi paling nikmat sedunia.

Aman Kuba merupakan distributor kopi Gayo terpercaya yang sudah mengekspor produk kopi terbaik Indonesia ke mancanegara. Cakupan distribusinya tidak hanya di kawasan Asia, tapi juga mulai dari Eropa hingga Amerika. Ini menandakan kualitas kopi Gayo yang kami tawarkan benar-benar dipercaya oleh konsumen.

Sebagai distributor kopi premium, Aman Kuba menyediakan sejumlah klasifikasi biji kopi berkualitas yang dapat Anda pilih sesuai selera. Mulai dari Arabica Gayo Grade 1, Arabica Gayo Specialty dan Arabica Gayo Wine. Ada pula varian Arabica Gayo Long Berry, Arabica Gayo Peaberry dan yang terbaik Arabica Gayo Luwak Liar.

Pastikan Anda mencoba varian Arabica Gayo Luwak Liar untuk merasakan cita rasa yang unik dan spesial hasil. Arabica Gayo Luwak Liar menawarkan kopi premium yang diolah secara tradisional untuk menjaga kualitasnya. 

Semua kualitas terbaik dari kopi luwak premium dapat Anda rasakan dengan memilih produk Aman Kuba!

Leave a Comment